Rabu, 28 Maret 2018

Tugas 1 Pengantar Manajemen


PENGANTAR MANAJEMEN
Nama   : KHALIS SOFI
NIM     : 311710274
Kelas   : TI. 17. B3
Dosen  : Ibu Edora, S. Pd., M. Pd.

SOAL
1.      Jelaskan pengertian Manajemen!
2.      Apa yang dimaksud dengan filsafat manajemen? Jelaskan faktor-faktor filsafat Manajemen?
3.      Apa yang dimaksud manajemen sebagai Ilmu, Seni, dan Profesi?
4.      Analisis siapa saja Pionir-pionir Manajemen?
JAWABAN
1.      Manajemen adalah suatu proses yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan
2.      Filsafat manajemen adalah cara pandang untuk memperoleh hasil pemikiran mengenai bagaimana mengatur suatu hal.
Faktor-faktor filsafat manajemen menurut Davis dan Villey dalam Ukas (1978)
-          Kepentingan umum
Hal ini dimaksudkan bahwa dalam penyelenggaraan suatu organisasi harus terlihat adanya cerminan deskripsi berbagai kepentingan, baik kepentingan pemilik, manajer, para bawahan, maupun kepentingan masyarakat lingkungannya
-          Tujuan usaha
Tujuan usaha adalah perwujudan aktivitas yang spesifik dari organisasi, baik organisasi yang bertujuan mencari laba maupun organisasi yang tidak bertujuan mencari laba. Tujuan usaha pada umumnya dapat dikategorikan dalam tiga bentuk, yaitu tujuan  utama, tujuan kedua, dan tujuan tambahan.


-          Pimpinan pelaksana
Pimpinan pelaksana adalah individu yang diberikan kepercayaan untuk memimpin suatu usaha dengan meenggunakkan otoritas yang telah diberikan kepadanya.
-          Kebijakan
Kebijakan adalah pernyataan atau ketentuan umum yang menuntut atau menyalurkan pemikiran menjadi pengambil keputusan oleh bawahan, serta memberikan arah ke mana organisasi tersebut akan dikemudikan.
-          Fungsi
Fungsi adalah aktivitas yang berhubungan dengan tujuan yang akan dicapai setiap organisasi sebagaimana halnya individu pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai
-          Faktor dasar
Faktor dasar meliputi faktor-faktor produksi asli atau turunan, baik berupa alam, tenaga, modal, serta pendukungnya yang merupakan elemen yang harus ada dalam penyelenggaraan organisasi.
-          Struktur organisasi
Struktur organisasi adalah saluran yang menunjukkan hubungan kerja antara menajer dan bawahan dalam melaksanakan pekerjaan yang disertai dengan otoritas dan tanggung jawab serta kesanggupan untuk tanggung gugat/mempertanggungjawabkan (accountability).
-          Prosedur
Prosedur adalah tahapan tindakan yang harus ditempuh untuk menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu.
-          Moral kerja
Moral kerja adalah kondisi mental dari individu atau kelompok yang memnentukan sikap bawahan dalam menerima pekerjaan dalam mengoperasikannya dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tujuan akhir.
3.      a. Manajemen sebagai ilmu, artinya manajemen dapat dipelajari dan diajarkan kepada orang lain.
b.  Manajemen sebagai seni, artinya bahwa dalam manajemen terdapat unsur-unsur bakat atau talenta atau pembawaan seseorang.
c. Manajemen sebagai profesi, berarti bahwa dalam setiap jenis kegiatan harus dimanajemeni oleh seseorang sesuai aturan yang jelas.
4.      Pionir manajemen yaitu :
a.       Robbert Owen pada 1771-1858
b.      Charles Babbage pada 1972-1871

0 komentar:

Posting Komentar