Minggu, 09 Juli 2017

PT Mulia Boga Raya, Pelabuhan Nganggur-ku (Part 2)

PT Mulia Boga Raya, Pelabuhan Nganggur-ku (Part 2)
Satu bulan berlalu, 17 Februari 2017 aku mendapatkan dering telepon dari nomor tak dikenal lagi, siapa? Suara diseberang memperkenalkan dari PT Mulia Boga Raya.....
Dering telepon itu mengatakan bahwa ada panggilan tes tulis untuk besok, 18 Februari 2017, senang, haru, dan ribet, bagaimana tidak, posisi aku masih bekerja di RM, jam 11.00 aku harus masuk kerja, sedangkan panggilan sekitar jam 10.00, hari Jum'at pula, hari dimana RM sangat penuh dijejali pelanggan. Tenang, itu sikap yang berusaha aku tunjukkan. Kudatangi RM meski belum waktunya masuk kerja, kuhampiri manajer yang berada di dapur, kuajak beliau berbicara empat mata, dan kukatakan sejujurnya bahwa aku mendapat panggilan dari PT Mulia Boga Raya di Cikarang, dan aku mau ke sana. Awalnya beliau tidak mengizinkan, tentu saja dengan alasan jam kerja, akhirnya setelah bernegosiasi, aku meminta diizinkan pulang jam 14.00.
Sampai di rumah bibi sekitar jam 17.00, menunggu om pulang kerja untuk minta diantar ke Cikarang. Sekitar pukul 20.30 aku dan om berangkat ke Cikarang, rencananya akan menginap di teman sebangkuku sewaktu SMK dulu, Nita. Meski belum pernah tahu dimana tempatnya dan Nita pun tidak begitu jelas memberikan alamatnya karena dia kurang paham jalan, tapi aku dan om tetap jalan malam itu. Jam 12 sampai di kontrakan dia, dan om langsung kembali ke Jakarta.
Hari yang mendebarkan, aku dengan diantar Nita menuju tempat tes, PT Mulia Boga Raya.
Tidak banyak ternyata peserta tesnya, hanya ada 19 orang. Di sana aku benar-benar berharap penuh bisa menjadi bagian dari mereka, apapun pekerjaanku nanti, aku ikhlas, yang penting Allah ridho, begitu saja pintaku. Selagi menunggu waktu masuk, seperti biasa aku berkenalan dengan teman-teman baru, bagiku sudah menjadi hobi atau bahkan keharusan melakukan hal itu, dan aku mulai yakin bahwa cuek, jutek, jaim hanyalah penyakit yang harus disembuhkan.
Tes tulis lolos, dilanjut interview masal, lolos juga. Tes selanjutnya yaitu training yang dilakukan 20 Februari 2017. Galau dan senang tentunya. Galau karena status masih karyawan RM, dan kebetulan juga di tanggal bersamaan ada panggilan dari PT Dankos Farma, tapi kupilih untuk ikut training di PT Mulia Boga Raya yang sudah di tahap lanjutan.
Sore hari masih di kontrakan Nita, aku dijemput kakak sepupu yang tinggal di Cikarang untuk berkunjung ke rumahnya. Oh ya, dia juga salah satu yang berperan dalam ngebolang-ku, aku pernah diajak ngebolang ke Kawasan-kawasan industri di Cikarang, seperti Jababeka, EJIP, Hyundai, MM2100, hanya sehari sih, namun memuaskan.
Malam hari masih di tanggal 18 Februari 2017, kakak mengantarkanku ke Halte Bus, aku pulang ke mess RM untuk mengajukan pengunduran diri, jam 11 malam aku tiba di sana.
Esok hari mengajukan pengunduran diri dengan alasan yang kujelaskan dengan jujur, manajer dan teman-teman di sana malah mendukung, alhamdulillah. Benar-benar pengalaman yang tak terbayar oleh apapun, dipertemukan dengan orang baru yang membawaku pada berkurangnya sifat cuek.
Minggu, 19 Februari 2017 aku pulang ke Cakung untuk mempersiapkan kembali berangkat ke Cikarang. Sore hari, seperti biasa om yang menemaniku, namun halangan datang. Ada kecelakaan yang menimpa kami, om terluka cukup serius di bagian kaki yang mengharuskan dirinya beristirahat selama seminggu. Masya Allah, di saat itu aku serasa putus asa, aku tidak ingin meninggalkan om dalam keadaan seperti itu, di sisi lain aku punya visi yang hampir tercapai, penantian selama dua bulan setengah, yaitu mendapatkan pekerjaan yang pasti. Namun om dan bibi tetap mensupport supaya aku tetap berangkat.
Allah memberikan cara lain, ada Uwa (Pak De)-ku yang juga tinggal di Jakarta yang mau mengantarkanku ke Cikarang malam itu juga, ke rumah anak beliau, yaa kakak sepupuku.
Senin, 20 Februari 2017 dengan diantar kakak, aku berangkat ke PT Mulia Boga Raya untuk melakukan training, meski saat itu kakak memiliki kesibukan yang sangat. Alhamdulillah training selesai, dan kabar tidak mengenakan datang dari HRD penguji. HRD mengatakan bahwa hasil training akan diberitahukan setidaknya 3 minggu ke depan. Ahh, mati rasa aku, lepas pekerjaan di RM, sudah membuat om sampai sakit, di Cikarang harus menyusahkan orang lain pula, dan aku mentok mikir, pasrah, menyerahkan semuanya kepada Allah.
"Baiklah training hari ini selesai, saudara/i bisa meninggalkan ruangan, kecuali Khalis Sofi.". Hah? Apa? Namaku disebut-sebut HRD penguji? Berdebar hebat jantungku, bapak HRD menunggu peserta training lain meninggalkan ruangan.
"Sofi, kamu siap kerja?" Pertanyaan HRD penguji kepadaku ketika kami hanya tinggal berdua di ruangan.
"Insya Allah siap, Pak."Jawabku tegas dan berusaha tenang.
"Kalau begitu, besok kamu datang ke RS. Siloam untuk Medical Check up (selanjutnya disebut MCU), kamu ke resepsionist di sana dan bilang mau MCU calon karyawan PT Mulia Boga Raya, kemudian di hari Rabu kamu ke sini lagi untuk mengambil hasil MCU, jika bagus, hari Kamis kamu bisa mulai kerja."
"Oh iya siap, Pak. RS. Siloam ya Pak? Baik, Pak."
"Iya, kamu tahu? Ini saya sudah buatkan Surat Pengantar MCU untuk kamu."
"Belum sih pak, nanti ada kakak kok. Iya terima kasih, Pak."
"Oke, ada pertanyaan lagi?"
"Hmm cukup, Pak."
"Oke, kamu bisa pulang sekarang."
"Baik, terima kasih, Pak."
Sekeluarnya aku dari ruangan, bulir air mata menitik, perlahan memenuhi wajah yang penuh haru ini, kejutan dari Allah yang sangat membuat surprize. Masya Allah, rencana Allah Maha Indah, skenario-Nya Maha Sempurna.
Aku pulang dijemput kakak, dan sesegera aku mengabarkan hasil menggembirakan ini. Dan tentu dia siap mengantarku ke RS. Siloam esok hari.
Malam hari, masih di hari yang sama dengan hari aku training, daya tahan tubuhku menurun, pusing, mual, muntah-muntah, mungkin karena kurang istirahat di beberapa hari terakhir itu. Kondisi tidak sehat terlihat sampai keesokan hari, hari dimana aku akan melakukan MCU.
Selasa, 21 Februari 2017 aku MCU ke RS. Siloam Cikarang, seperti biasa, kakak yang mengantarku, dia selalu siap dan ada untukku saat itu. Cuaca buruk, hujan deras sejak pagi hari, kondisi badanku juga masih kurang sehat, tapi dia meyakinkan dan tetap mengantar ke RS, meski tidak sesuai jadwal, aku datang sekitar pukul 10.00 karena menunggu hujan agak reda.
Di RS. Siloam Cikarang, MCU, sendiri, tanpa ada yang kenal, alhamdulillah berjalan lancar, walau antrian lumayan panjang. Seperti biasa, berkenalan dengan peserta MCU dari perusahaan lain, berbagi cerita, berbagi pengetahuan, sejenak menghilangkan kejenuhan dan melupakan rasa tidak enak pada tubuh ini. Dan setelah sekitar 2 jam aku di RS, aku bertemu dengan teman-teman peserta training kemarin hari, ternyata mereka dihubungi pada sore harinya, dan tadi pagi mereka ke PT Mulia Boga Raya untuk mengambil Surat Pengantar MCU. Setelah serangkaian MCU selesai, aku kembali pulang ke rumah kakak tentu dia yang jemput.
Rabu, 22 Februari 2017 aku kembali datang ke PT Mulia Boga Raya sesuai instruksi HRD penguji, untuk melihat hasil MCU.
Ruangan sudah dipenuhi oleh peserta MCU tempo hari, perlahan HRD penguji menyebutkan hasil MCU, dan sampai kepada namaku, aku lolos. Alhamdulillah, Masya Allah Laquwwata Illabillah..
"Baiklah, bagi yang dinyatakan tidak lolos bisa meninggalkan ruangan." Singkat ulasan hasil MCU selesai.
"Baik, ada 3 departemen yang saat ini tengah membutuhkan personil baru. Yaitu untuk Admin PPIC, Operator Produksi, dan Operator RnD." Penjelasan lanjutan dari bapak HRD
"Untuk Admin PPIC kami butuh satu orang, dan itu akan diisi oleh Sofi..........."
Masya Allah, Laquwwata Illabillah.. Air mata kembali menitik, tak hentinya syukur kupanjatkan pada Illahi Rabbi, aku tahu, ini hadiah yang Allah berikan atas keyakinanku, atas kepercayaan bahwa rahasia Allah itu keren, bersama kesulitan ada kemudahan, dan Allah selalu ada untukku.
Ini merupakan hadiah terindah dari Allah atas aral melintang, jalanan terjal, lika-liku yang bisa aku lewati atas izin-Nya. Aku memasrahkan apapun pekerjaan kepada-nya, yang penting Ia ridho. Dan Ia memberikan ini padaku, Masya Allah. Bekerja sebagai Admin, sesuai basic dan pengalaman, segala kekurangan fisik yang ada pada diriku sedikitpun tidak menjadi masalah, mata minus, TB kurang, dan mengenai penampilan, sama sekali tidak menjadi sorotan. Masya Allah Laaquwwata Illabillah.. 
Banyak sekali pelajaran berharga yang aku dapatkan selama perjalanan menganggurku selama 2, 5 bulan ini. Kesabaran, keyakinan, kepercayaan, usaha, kerja keras, lebih dekat dengan Allah, dengan keluarga, dengan teman baru. Dan misiku perlahan berjalan, karena di dalam 2,5 bulan itu aku telah menelusuri banyak tempat baru. Salah satu misiku adalah "Mengetahui Bumi Allah yang (katanya) Luas". Dulu aku sering berdo'a pada Allah "Ya Allah, bumi Engkau itu luas, tapi kok aku cuman tahu di sini-sini aja, di Cirebon. Lingkup perjalanan aku juga cuman Plumbon, Babakan, Lemahabang, Kota, dan wilayah Cirebon yang lain. Ya Allah, aku ingin tahu lebih banyak sisi bumi-Mu."
Dan sesungguhnya keberadaanku di sini sudah terkonsep, sudah aku rangkai sejak zaman aku sekolah dulu. Hanya saja rutenya yang belum aku tahu, dan inilah rutenya, Allah bocorkan sekarang. Aku sangat bersyukur atas rute yang Allah berikan ini.
Saat ini aku tinggal di kontrakan Nita, sahabatku itu, sekolah satu bangku selama 3 tahun, dan kini kita satu atap, semoga tetap bersama seperti ini yaa, kecuali hidup baru yang memisahkan kita, hihii..
Cikarang, 09 Juli 2017
Khalis Sofi
Dreamer
_sebelum usia 25_

4 komentar:

Pak wendi mengatakan...

Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah aku bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum..^^
mba disitu psikotesnya apa aja ya?
terus pas intervew ditanya apa aja?
nah itu pas lagi training ngerhain apa saja..^^?

maaf banyak nanya..soalnya penasaran banget..

Mohon jawabanya ♡

aly tadlo mengatakan...

Kok saya lama banget y nunggu panggilan MCU,saya tes PT awal bulan ,saya dinyatakan lolos tahap awal dan inteview dan suruh nunggu panggilan MCU nyampe sekarang belom ada kelanjutan

Unknown mengatakan...

Terus kelanjutannya gimana bang?Berapa lama bang nunggu panggilan MCU nya?

Posting Komentar