Sabtu, 02 Mei 2015

Bikin anak-anak berhenti ribut (ala Ofi.. :D)



Bikin anak-anak berhenti ribut (ala Ofi.. :D)

Yang mau aku bahas di sini yaitu keributan siswa kalo di dalam kelas yoooo....
Biasanya kalo selesai jam pelajaran, guru jam berikutnya gak langsung masuk. Ada yang masuk beberapa menit kemudian, tapi kadang ada juga yang manja nunggu dipanggil..
Sambil nunggu guru, biasanya anak-anak gak pada mau diam, ada yang meneruskan belajar, tapi ada yang ngobrol, ribut, berisik euy.. Kalo udah gak tahan biasanya aku langsung panggil guru pelajarannya dehh.
Pusing gak sih kalo anak-anak ribut tapi kitanya lagi dieemmm ?? hah ikutan ribut aja ? ide yang bagus sihh tapi males ah..
Aku kalo di kelas suka iseng bikin anak-anak beralih perhatian, hehee.. ya kalo ada perlu sihh.. coba gimana kalo mau nyampein sesuatu tapi anak-anak kelas pada berisik aja ?? jangan ribet-ribet, kalo aku punya cara sendiri, tapi yaa ini sering dipake juga sama orang lain sih mungkin, gak tau juga.. Alright, let’s check it out.
1.     Kalo lagi males ngomong di depan, biasanya aku kasih info/tugas dari gurunya ditulis di papan tulis aja, udah beres dehh, mereka anteng ngerjain tugas..
2.     Kalo infonya panjang/tugas-tugasnya perlu dijelaskan panjang lebar, biasanya aku ambil spidol, hapus papan tulis, dan pura-pura mau nulis, pasti deh anak-anak satu per satu berhenti ngobrolnya dan pandangan beralih ke papan tulis itu, baru dehh aku ngomong jelasin apa tugasnya...
3.     Kalo gak ya, aku keluar dari kelas, pintu ditutup rapat-rapat, dan beberapa saat kemudian masuk deh sambil pura-pura susah bukain pintu, pasti anak-anak diem tuh, kan dikira guru yang mau masuk.. hehee ini sih biasa dipake buat iseng aja..
4.     Kalo abis keluar/dari ruang guru terus masuk kelas suasananya tidak memungkinkan buat ngomong di depan, trik aku yaitu..................... masuk kelas langsung ngomong “kata Ibu......................................................” Atau gak yaa bilang “anak-anak/teman-teman/hey..............................” nah pasti mereka diam, atau setidaknya ada salah satu yang diam dan ngomong “heyy diam, Ofi mau ngomong”.. hahaa
5.     Kalo mau kasih info panjang, tapi anak-anaknya ribut, dan aku males basa-basi, langsung aja aku ke depan kelas dan natapin setiap sudut ruangan, tatap anak-anak satu per satu yang lagi ngobrol, dan pasti ada yang peka dan bilang “hssttt jangan berisik, leader mau ngomong”.. heheee
6.     Kalo kelas gak ada guru, gak ada tugas, dan anak-anak berisik, tapi aku anteng-aneng aja di tempat duduk dan merasa terganggu sama alunan suara mereka, langsung aja aku keluar samperin ruang guru pura-pura cari guru pelajaran yang dimaksud padahal udah tahu gak ada beliaunya, tapi kaaan aku nyamperin guru yang lain, dan curcol “Ibu bete di kelas, anak-anaknya ribut aja”. Si Ibu pasti nanyain guru, kan gak ada, dan Ibu bilang “yaudah bilang jangan ribut gitu kata Ibu, kerjakan aja LKS, dan itu tuh yang di luar suruh pada masuk”, Dan aku masuk ke kelas pake trik no. 4 dehh,, hehee berhasil modusnya...
7.     Kalo lagi ngomong di depan kelas tapi anak-anaknya ribut, aku langsung diam pake trik no. 5, atau gak yaa bilang aja “yaudah terserah sih, ini kan buat pribadi masing-masing” hohoho...
8.     Kalo mau ngajak diskusi/rapat dadakan, kan anak-anak masih ribut tuhh.. aku langsung tutupin hordeng, tutup pintu sambil bilang ke anak-anak yang masih di luar kelas “anak-anak masuk, ada yang mau diomongin”, yap berhasil..
Okelah itu trik-trik yang biasa aku lakukan, dan yang masih aku ingat.
Itu caraku, apa caramu ?? :D Boleh dicoba dong kalo lagi mau ngomong di depan kelas dan mau diperhatikan agar pesan yang kita bawa bisa sampai kepada komunikan yang dituju dan tidak terjadi miss communication getoooo.. J

_Ofi_

0 komentar:

Posting Komentar