Jumat, 24 Oktober 2014

Tugas Kewirausahaan "Praktik Pelayanan Prima"


Di Restaurant

Erna Erawati                           : Recepsionist
Khalis Sofi                               : Pengunjung
Nita Shintya Nur Ridwan         : Pelayan
Nur Ida Marlina                       : Recepsionist
Ria Lusiyana                            : Pelayan
Uswatun Hasanah                             : Pengunjung
Yulia Faridah                            : Pengunjung

PART 1
Erna  : Selamat datang di Manelyon Resto, silahkan (mengantar pelanggan menuju tempat duduk), sebentar saya panggil pelayan.
Nita   : Permisi mba, silahkan ini menunya ! (menyodorkan daftar menu makanan & minuman)
Atun : Terima kasih.
                    Pelayan masih menunggu. Setelah dilihat-lihat>>>>>
Atun : Maaf mba apa tidak ada menu oreg tempe kering ?
Nita   : Oh ya maaf mba kebetulan resto kami tidak menyediakan menu tersebut, Kami di sini ada menu stick tempe, mba bisa coba, ini makanan tidak kalah enaknya dengan oreg tempe.
Atun : Terima kasih sarannya, saya coba stick tempe. (menyerahkan menu pesanan)
Nita   : (Tersenyum menerima menu pesanan), minumannya mba ?
Atun : Oh iya lupa, tolong air mineral saja 1.
Nita   : Baik mba, terima kasih pesanannya, tunggu sebentar.
                    Sambil menunggu pesanan datang/sambil makan hidangan, pengunjung disuguhkan penampilan nyanyi dari penyanyi/grup band.
                    Tak lama kemudian pelayan datang membawa pesanan.
Nita   : Ini hidangannya, selamat menikmati. (Memberi ungkapan salam tangan sambil tersenyum)
Atun : Terima kasih.
                    Atun menikmati hidangan, ternyata lezat hidangannya. Selesai makan, Nita datang kembali untuk memberikan nota pembayaran.
Nita   : Maaf ini notanya mba (sambil agak ngebungkuk, menyodorkan nota, sambil tersenyum)
Atun : Terima kasih.
                    Atun menuju kasir.
Atun : Menyodorkan nota.
Ipah   : (Memberi senyuman)
                    Setelah dihitung.
Ipah   : Jumlahnya 37.000,- mba.
Atun : Bisa dibayar dengan kartu kredit ?
Ipah   : Maaf mba sistem kami belum bisa menerima pembayarnya dengan credit card.
Atun : Baiklah, ini (menyodorkan uang Rp.100.000,-)
Ipah   : (Senyum), uangnya Rp.100.000,- ya, sebentar.
                    Selesai dihitung.
Ipah   : Ini struk & kembaliannya mba (menyodorkan), maaf mba dimohon untuk berpendapat dengan bagaimana pelayanan kami, mba silahkan menyentuh layar di depan.
          Atun menyentuh pilihan “Sangat Puas”.
Ipah   : (Senyum), terima kasih, selamat datang kembali.
Di pintu keluar.
Erna & Nurida       : Terima kasih selamat datang kembali (senyum).

PART 2

Ceritanya Ofi & Yulia Ketemuan di Manelyon Resto. Ofi sudah memesan tempat, & sudah menunggu di restaurant meja no. 17
Yulia datang.
Nurida        : Selamat datang di Manelyon resto, mari saya antar.
Yulia            : Oh ya ada meja atas nama Lusi gak ?
Nurida        : Oh iya ada mba, kebetulan mba Ofi sudah menunggu di meja no. 17, mari saya antar.
                   Di jalan, Yulia disenggol oleh Pelayan yang sedang membawa peralatan bekas, di situ masih ada air putih setengah gelas.
Yulia            : Aduhh apa-apaan sih kalau kerja yang bener dong ! (marah-marah)
Erna            : Maaf mba Saya tidak sengaja, Saya kurang hati-hati, sebentar biar Saya lap (gugup, mengambil tisu yang ada di meja terdekat)
Yulia            : Ahh gak usah ! nanti baju aku tambah kotor lagi. Udah pokoknya aku akan lapopr ke atasan kamu,  biar kamu dipecat !
Nurida        : Maaf mba lebih baik jangan, nanti panjang urusannya. Lagipula ini hanya kecelakaan kecil, mba bisa memaafkan rekan Saya ini.
                   Tiba-tiba Lusi datang (ceritanya abis dari toilet), lihat ribut-ribut Lusi menghampiri.
Ofi    : Yulia ? kenapa kamu ?
Yulia  : Ini nih gara-gara dia !
Erna  : Iya maaf ini saya yang salah, Saya kurang hati-hati, sekali lagi saya minta maaf.
Ofi    : Udahlah Yulia, maafin aja, lagi cuma gini doang, baju kamu gak rusak kan ? Cuma basah doang, & gak terlalu kelihatan basahnya, sebentar lagi juga kering.
Yulia  : Yaudah deh aku anggep masalah ini clear. Udah sana balik kerja lagi, awas jangan sampai ada korban kedua.
Erna  : Baiklah mba, terima kasih saya kembali kerja dulu.
                   Nurida terus mengantarkan Yulia ke meja no. 17
Nurida        : Silahkan mba (menarikkan kursi Yulia)
Ofi              : Makasih.
Nurida        : Baiklah sebentar saya panggilkan pelayan.
                   Pelayan datang.
Lusi             : Selamat siang mba-mba, silahkan ini menunya. (menyodorkan menu)
Ofi              : Makasih.
Yulia            : Ini pesanan aku, tapi ingat ini nasi goreng garamnya sedikit aja, aku anti asin. & jus jeruknya tambahin susu sedikit.
Ofi              : Nih pesanan saya.
Lusi             : Terima kasih, tunggu sebentar, silahkan menikmati lantunan musik dari kami.
                   Beberapa saat kemudian, Lusi datang.
Lusi             : Ini pesanan mba (ke Yulia dulu), & ini punya mba. (ke Lusi)
Yulia            : (setelah dikasih hidangan, Yulia langsung cicipi). Aduh nasi goreng apa sih gak enak rasanya.
Lusi             : Maaf mba, bukannya memang mba menginginkan seperti itu.
Yulia            : Ya tapi jangan hambar gini dong !
Lusi             : Itu memang sudah setengah porsi garamnya mba.
Yulia            : Udah cukup, jadi gak nafsu makan.
Lusi             : Apa perlu saya ganti mba ?
Ofi              : Udah gak usah, makasih. Emangg teman Saya yang salah kok, mba boleh kembali kerja.
Lusi             : Baik, permisi mba, Saya mohon maaf atas kejadian ini.
Ofi              : (senyum ke Lusi)
Yulia            : Apaan sih kamu malah bela dia ?
Ofi              : Lagi kamu kebanyakan permintaan ya jelas kamu yang salah dong, yaudah ini kita makan bareng punya aku.
Yulia            : Gak usah, kamu aja, aku gak nafsu makan.(sambil menyerutup jus)
Ofi              : Beneran, yaudah (melahap makanan).
                   Selesai makan, langsung ke kasir.
Yulia            : Ini notanya.
Ipah             : (ngambil nota, sambil dihitung), totalnya Rp.57.000,-
Yulia            : (nyodorin ATM Mandiri)
Ipah            : Maaf mba saat ini sistem kami tidak bisa memakai debet Mandiri.
Yulia            : Aduhh restaurant macam apa sih ini, semua pegawainya gak becus, mending tutup aja deh!
Ipah             : (hanya tersenyum)
Ofi              : Maafin teman saya, dia emang lagi emosi. (sambil nyodorin uang Rp.100.000,-)
Ipah             : (tersenyum), uangnya Rp.100.000,- yaa.. (ngitung), ini kembalian & struknya . & mba dimohon untuk berpendapat tentang pelayanan Kami.
                   Ofi menyentuh layar ”Lumayan Puas”, & Yulia “Tidak Puas”.
Ipah             : Terimakasih, selamat datang kembali. J
                   Ofi & Yulia keluar pintu.
Nurida & Erna       : Terimakasih selamat datang kembali. (senyum)

0 komentar:

Posting Komentar